Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita UtamaKabupaten DairiSumateran UtaraTerbaru

Kapolres Dairi Pimpin Apel Satkamling

31
×

Kapolres Dairi Pimpin Apel Satkamling

Sebarkan artikel ini

 

Sumut.Dairi// Relasipublik.com–Kepala Kepolisian Resor Dairi ( Kapolres Dairi ) AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M Pimpin Apel Satkamling dalam rangka meningkatkan Harkamtibmas menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024, yanh digelar di Pos Satkamling Perumnas Kalang Simbara Desa Kalang Simbara Kec. Sidikalang Kab.Dairi., Sumut, Rabu (21/6/223).

AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M membacakan amanat Kepala Kepolisian RI.Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.,
menjelaskan bahwa Apel Kasat kamling  yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Sat kamling.

Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan secara tertulis mengatakan, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swkarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan sesuai dgn Transfotmasi Oprasional program ke 5 dan kegiatan 21 tentang peran aktif pamswakarsa dilingkungan atau wilayah kerja.

Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada dibawah pembinaan polri adalah satuan keamanan lingkukungan atau Satkamling.

Polri telah menerbitkan Perpol No. 4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa sebagai landasan hukum dan penegasan tugas serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan satkamling.

Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dgn TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya sehingga pelaksanaan tugas dilapangan berjalan dgn Optimal.

Berdasarkan data Satkamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri pada awal tahun 2023 total 230.028 Pos Satkamling hanya 60% yang aktif atau sebanyak 134.753 Pos Satkamling, sedangkan 95.275 Pos Satkamling dinyatakan tidak aktif, oleh karena itu diperlukan peran seluruh masyarakat dan stakeder terkait untuk melakukan upaya Revitalisasi Satkamling dgn mengaktifkan serta memberdyaakan kembali Satkamling.

Pesan utuk awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh kepada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil.

Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M juga menambahkan bahwa kegiatan apel Sat Kamling hari ini juga serentak dilakukan di seluruh Indonesia dalam rangka meningkatkan Harkamtibmas menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024.

Lanjutnya, Kapolres Dairi menjelaskan bahwa Sat Kamling kita ini di Desa Kalang Simbara juga masuk salah satu nominasi dalam lomba tingkat Polda.

Diharapkan Sat Kamling kita di dapat mempertahankan juara 2 Tingkat Polda, syukur2 dapat meningkatkan penghargaan kita menjadi juara 1.

Diakhiri amanat Kapolres Dairi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Stakeholder yang berhadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua MUI Kabupaten Dairi Wahlin Munthe, S.H, M.M, Wakapolres Dairi KOMPOL Denny Boy P, SH MH, Mewakili Kodim 0206/Dairi Pasi Intel Kapten ASPAN R. Siregar, Mewakili Kajari Dairi Kasi Pidum Adhy Limbong, S.H, Mewakili KA Rutan Sidikalang A.R Simangunsong, Camat Sidikalang Siwanto Sitakar, Tokoh Masyarakat Saut Ujung, Ketua BPD3 Ibu Delphi Ujung dan Kepala Desa Kalang Simbara.
(Tim/Santa Lusia br Sihombing)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *