Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita UtamaKabupaten TobaSumateran UtaraTerbaru

Wakapolres Toba Hadiri Upacara Taptu Dan Pawai Obor

32
×

Wakapolres Toba Hadiri Upacara Taptu Dan Pawai Obor

Sebarkan artikel ini

 

TOBA //Relasipublik.com –  Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kabupaten Toba memiliki sejumlah tradisi yang rutin diselenggarakan guna menyebarkan nilai-nilai kepahlawan kepada masyarakat Toba.

Pada kesempatan tersebut, Wakapolres Toba AKBP Lamin S.Pd turut menghadiri giat Upacara Malam Taptu dalam rangka memperingati Hut Proklamasi RI Ke-78 Tahun yang digelar di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Toba, Rabu (16/08/2023).

Upacara pelaksanaan Taptu dipimpin oleh Ipda Jefriadi Silaban SH, MH, sementara Ketua Pengadilan Negeri Balige, Evelyne Napitupulu bertindak sebagai pembina upacara dan di saksikan oleh Bupati Toba Ir Poltak Sitorus, dan unsur forkopimda lainnya.

Sebelum berangkat, para peserta terlebih dahulu menyalakan obor secara berurutan, mulai dari peleton pasukan paling depan dan menjalar hingga peleton pasukan paling belakang.

Suasana malam disepanjang jalan yang dilintasi oleh para peserta pawai obor tersebut melalui rute yang telah ditentukan mulai dari Halaman Kantor Bupati Kabupaten Toba – Jl. Soetomo – Jl Patuan Nagari (Polsek Balige) – Bundaran Balige – Mess Pemprovsu Jalan Bukit Barisan – Jl Mulia Raja lalu Finish di Venue Boateng F1H2O Balige.

Hal ini sangat sesuai dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut, yaitu untuk membangkitkan kembali semangat perjuangan masyarakat.

Wakapolres Toba AKBP Lamin S.Pd mengungkapkan bahwa Upacara Taptu ini di mana sangat penting dilaksanakan karena ini adalah momen bersejarah dalam menyambut detik-detik kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan para generasi muda untuk ikut mengisi kemerdekaan dengan tetap menjaga keutuhan NKRI, dan memahami setiap makna kemerdekaan bangsa yang telah diraih,” ujar Wakapolres.

Semoga rangkaian upacara taptu, pawai obor, hingga dapat mengeratkan hubungan kita semua. Sehingga kita bisa meneruskan kemerdekaan dengan bekerja bersama,” pungkasnya.(MP/Ronald Sihombing)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *