Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita UtamaDaerahKabupaten Deli SerdangSosial & BudayaSumateran UtaraTerbaru

Ketua DPD Masyarakat Indonesia Maju (MIM) Deli Serdang, Berikan Bantuan Secara Spontanitas Kepada Korban Musibah Longsor di Desa Rumah Kinangkung

31
×

Ketua DPD Masyarakat Indonesia Maju (MIM) Deli Serdang, Berikan Bantuan Secara Spontanitas Kepada Korban Musibah Longsor di Desa Rumah Kinangkung

Sebarkan artikel ini

Foto.Anthonius Sihombing,Kiri  ,Pahala Marbun,Kanan -Latar belakang Longsor. (dok. A.S)

SUMUT, D.SERDANG, Relasipublik.com- Pengurus DPD Masyarakat Indonesia Maju (MIM) Deli Serdang , Ketua Anthonius Sihombing SH dan bendahara DPD Pahala Marbun SE,mendatangi wilayah yang tertimpa musibah tanah longsor di Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli serdang, Sumut.Pada hari, Selasa (16/11/2021)

Kedua pengurus DPD MIM Deli serdang tersebut mendatangi lokasi bencana, berdasarkan anjuran dari Ketua umum Pusat MIM, Donna Yurike Sidabutar SS. MSi melalui Ketua DPW Sumut, Reki Nelson Barus SH, untuk melihat langsung situasi dilapangan pasca terjadinya bencana tanah longsor yang terjadi pada Jumat (12/11) yang lalu,Kata Anthonius.

Kebetulan wilayah terjadinya bencana tersebut berada di Kabupaten Deli Serdang,karena ini wilayah kepengurusan kita, kita harus turun untuk mendata dan mencari informasi yang sebenarnya tentang kejadian tersebut,Kata Anthonius kepada media ini di Medan, Sabtu (20/11/2021) sore.

Menururnya, hal ini sebagai laporan kita dari perwakilan Daerah Deli serdang kepada Ketum DPP Pusat melalui Ketua DPW Sumut.

“Yang kita laporkan adalah berapa orang korban jiwa,berapa kerugian material dan lain sebagainya. Selain itu sekalian memberikan Paket sembako berupa beras, gula,mie instan kepada warga yang ditimpa musibah “Kata Anthonius.

Pada saat Pengurus MIM hendak menyerahkan bantuan paket sembako secara langsung ,akses jalan menuju lokasi masih tertutup material longsor dan para personil Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB )Pemkab Deli Serdang, sedang melaksanakan pekerjaan membersihkan timbunan tanah di jalan lintas menuju Desa Rumah Kinangkung.

Akibatnya,bantuan Paket Sembako yang telah dipersiapkan sebelumnya bagi para warga disana ,akhirnya dititipkan sementara di Posko terdekat untuk disalurkan oleh petugas yang berada diposko tersebut,setelah akses jalan bisa dibuka esok harinya.

Menurut Anthonius, lokasi Perumahan penduduk yang berada dibawah bukit,dengan jalan yang terjal dan berkelok, begitu sulit untuk dijangkau. Selain itu kami juga agak khawatir keselamatan jiwa kami.

Sebab Kami khawatir terjadinya longsor susulan,karena desa yang akan kami datangi berada tepat dipinggir dinding tebing dengan kemiringan yang ekstrim dan cuaca saat itu tidak bersahabat karena masih seringnya turun hujan disekitar lokasi,membuat situasi saat itu begitu menegangkan.

Akhirnya kami sepakat untuk menitipkan sembako tersebut diposko terdekat,biarlah petugas yang ada diposko yang menyerahkan kepada warga setelah situasi membaik dan akses jalan dapat dibuka oleh petugas “Kata Anthonius.

Paket sembako tersebut semuanya merupakan hasil sumbangan spontanitas secara sukarela dari pengurus yang ada didaerah Deli Serdang.

Menurut Anthonius Sihombing, sesuai visi Masyarakat Indonesia Maju (MIM), ormas yang dideklarasikan di Gedung Joang ’45, Jakarta, Sabtu (5/6) menyebutkan. “MIM adalah mitra pemerintah sekaligus perpanjangan tangan untuk menjangkau masyarakat hingga ke bawah,sesuai intruksi Ketum Dona Yurike Sidabutar, S.S., M.Si.

Kedepan kita punya program untuk memberdayakan perekenomian masyarakat seperti petani,peternak untuk kita bina agar ekonominya maju sesuai program pemerintah ,dan saat ini telah kita mulai dengan mengedukasi masyarakat untuk benanam Porang disekitar lingkungannya bagi orang yang mau,katanya.

Untuk diketahui Tanah longsor yang terjadi di Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara , menyebabkan jatuhnya korban jiwa, yang menewaskan 1 warga 1 warga luka-luka, dan 31 warga lainnya yang terdampak (dikutip dari berbagai sumber)  .Tanah longsor yang terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi berdampak kondisi tanah yang labil didaerah ini (Ronald Sihombing)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *